Fungsi Microsoft Powerpoint yang Harus Anda Ketahui

Power Point merupakan salah satu aplikasi dari microsoft yang diperuntukkan sebagai media presentasi. Pada dasarnya banyak media presentasi saat ini yang dikembangkan oleh vendor-vendor lain. Meski begitu,Power Point tak kalah bersaing. Aplikasi ini dianggap sebagai salah satu aplikasi yang sangat friendly bagi penggunaannya.

Selain digunakan untuk presentasi, fungsi Microsoft Power Point sangat berperan menjaga lingkungan loh. Produksi kertas menjadi minimal karena banyak presentasi hanya mengandalkan softfile. Power Point juga dikenal sangat memudahkan penggunanya untuk memengaruhi audiens untuk presentasi.

Kelebihan Microsoft Power Point yang bisa didapatkan adalah aplikasi powerpoint ini mempunyai tampilan interface yang user friendly dan mudah digunakan oleh para pemula. Dari setiap versi powerpoint memiliki penambahan fitur yang lebih lengkap.

Untuk kekurangan Microsoft Power Point adalah karena satu paket dengan Microsoft office maka untuk menggunakan aplikasi power point harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

 

Apabila sudah mengetahui fungsi Microsoft Power Point, pahami juga cara membuat presentasi dengan Power Point. Ada banyak sekali fitur andalan pada Power Point yang bisa menyingkat waktu pembuatan presentasi.

Aplikasi Power Point dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka Microsoft Office selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Aplikasi ini banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, hingga trainer. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui fungsi Microsoft Power Point.screen

Lalu apa fungsi Microsoft Power Point? Berikut ini informasi lengkap mengenai fungsi Microsoft Power Point dan cara menggunakannya telah dirangkum merdeka.com melalui Liputan6.com pada Kamis, (16/09/2021).

Daftar Isi

Fungsi Microsoft Power Point

 

  • Sarana untuk mempermudah melakukan sebuah presentasi.
  • Membuat materi presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat gawai.
  • Memudahkan pembuatan presentasi dalam bentuk slide yang menarik dengan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template yang akan dipergunakan.
  • Mempermudah dalam proses pembuatan, pengaturan, dan mencetak berbagai slide.
  • Memberikan materi pembelajaran agar mudah dipahami pendengar atau audiens.
  • Membuat bahan presentasi lebih hemat karena menggunakan softcopy dan tidak boros kertas.
  • Menuturkan sebuah cerita menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami audiens.
  • Memengaruhi audiens atau pendengar dengan suatu gagasan teks, audio, dan visual.
  • Memotivasi dan menginspirasi audiens agar tujuan penyampaian gagasan bisa lebih mudah dimengerti.
  • Membuat audiens atau pendengar bisa mencetuskan ide atau gagasan baru sesuai keinginan yang melakukan presentasi.
  • Menyampaikan permasalahan, solusi, dan cara kerja menjadi lebih sederhana.

Cara Membuat Presentasi dengan Microsoft Power Point

1. Menguasai Materi
Cara membuat presentasi dengan Microsoft Power Point yang pertama adalah menguasai materi yang akan disampaikan. Untuk bisa mencapai hal tersebut maka pengguna harus membaca dan mempelajari materi terlebih dahulu.

2. Menentukan Kata Kunci
Cara membuat presentasi dengan Microsoft Power Point yang kedua adalah menentukan kata kunci. Setelah materi dikuasai, buatlah rangkuman dari materi. Tujuannya untuk memudahkan kamu dalam mengingat hal penting yang akan disampaikan.

Poin tersebut biasanya berupa kata kunci yang dapat membantumu dalam mengingat dan menjelaskan materi secara singkat dan padat. Tujuan utama dari power point adalah menyampaikan poin maka sorotlah inti dari materi tersebut.

3. Menentukan Desain
Cara membuat presentasi dengan Microsoft Power Point yang ketiga adalah menentukan desain menarik. Carilah inspirasi desain power point agar bisa memiliki gambaran bagaimana bentuk desain yang akan dibuat.

✅Baca Juga  Inilah Beberapa Kegiatan Ekonomi yang Memanfaatkan Sumber Daya Alam

Inspirasi desain bisa didapatkan dari internet atau beberapa situs web misalnya, Pinterest.com, Canva.com, Weheartit.com, Pptwork.com, dan lain sebagainya. Jika sudah cocok, tinggal unduh dan edit, bisa juga langsung membuatnya sendiri.

4. Perhatikan Isi dan Tata Letak
Cara membuat presentasi dengan Microsoft Power Point yang keempat adalah memperhatikan isi dan tata letak. Pastikan isi presentasi mudah dipahami dengan font, warna, dan background yang sudah dipilih. Letakkan secara sederhana agar mudah dipahami audiens.

5. Sesuaikan Ukuran Slide
Cara membuat presentasi dengan Microsoft Power Point yang kelima adalah menyesuaikan ukuran slide. Ketika membuka Microsoft PowerPoint, pasti terlihat tampilan slide berukuran 4:3.

Ubah ukurannya dengan cara arahkan kursor ke menu “file”, lalu pilih “page setup”, ketik tinggi dan lebar slide yang diinginkan, terakhir klik “ok”. Maka dengan begitu ukurannya akan berubah sesuai keinginan dan siap diisi dengan informasi.

Sumber:

https://www.merdeka.com/

https://hot.liputan6.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.