Cara Menghitung Tagihan PDAM Terbaru 2022

Cara Menghitung Tagihan PDAM – Pernahkah tarif PDAM anda yang tiba-tiba membengkak? Jikalau anda mengalami hal itu, jangan segera terburu – buru panik, sebab meningkatnya tarif PDAM yang anda alami dapat disebabkan oleh segudang faktor.

Layaknya penggunaan yang anda jalankan terlampau boros, kerap terjadinya kebocoran pipa ataupun terjadinya kesalahan hitung oleh meteran. Untuk tersebut vital sekali bagi anda sebagai pemilik tempat tinggal untuk sanggup menghitung tarif PDAM secara berdikari, sebab bersama begitu tagihan yang anda rasa mencurigakan dapat langsung diusut.

Cara Membaca Meteran PDAM

Cara untuk membaca meteran mekanikal ini benar-benar simple, lumayan anda memirsa terhadap angka yang tersedia di meteran yang terdiri berasal dari rona hitam dan juga rona merah.

Rona hitam akan membuktikan penghitungan berasal dari tagihan didalam bentuk m3, sedangkan terhadap rona merah adalah alat ukur untuk perlihatkan satuan liter dan juga pengujian berasal dari meteran air.

Golongan Tarif PDAM

Hal lain yang wajib anda ketahui ketika anda menghitung tarif PDAM yaitu memahami golongan berasal dari tarif. Umumnya untuk golongan rakyat menengah, masuk ke di dalam bagian 2a3 (Tempat tinggal tangga golongan menengah).

Untuk sanggup menentukan tarif beban konsisten air sendiri terhadap tiap tiap area tersebut berbeda-beda, contohnya saja layaknya di kawasan DKI Jakarta, tarif beban terus air untuk kelompok 2a3 dikenakan biaya antara 0-10 m3 = Rp. 4.900, 11-20 m3 = Rp. 6.000 dan juga 20 m3= Rp. 7.450.

Cara Menghitung Tarif PDAM

Layaknya yang telah kami bahas sebelumnya, untuk mengerti jumlah penggunaan berasal dari air mampu anda memirsa terhadap meteran PDAM yang tersedia di tempat tinggal anda.

✅Baca Juga  Solusi Akun Instagram Tidak Bisa Beralih ke Akun Bisnis

Menjadi kalau pemanfaatan air yang anda melakukan sebesar 20m3 didalam setu bulan maka perhitungan tarif PDAM adalah sebagai berikut :

Pemanfaatan air satu bulan = 20 m3

Biaya Beban Terus Air = Rp. 7.450

Biaya Penggunaan Air = 20 x Rp 7.450 = Rp 149.000

Biaya Pemeliharaan Meter = Rp 4.400 (Penentuan harga tiap tiap tempat berbeda-beda)

PPN = Rp 1.195

Biaya Materai = Rp 3000

Keseluruhan Tagihan = Rp 157.595

Itulah cara menghitung berasal dari tarif PDAM yang sahih yang dapat anda jalankan secara berdikari. Semoga sehabis ini, anda telah mampu memperkirakan berapa besarnya biaya PDAM yang wajib anda bayarkan untuk tiap tiap bulan dan juga dapat langsung menyadari apabila berjalan suatu kejanggalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.