Memahami NFT: Makna, Metode Kerja, Contoh Pelaksanaan, serta Alibi saat sebelum Membeli

Beberapa waktu lalu Netizen +62 sempat digegerkan oleh photo selifie yang dihargai puluhan juta, tidak lain NFT Ghozalie …

Penasaran dengan apa itu NFT? Sejatinya, non- fungible token ataupun NFT, ialah salah satu tipe aset peninggalan digital yang lagi membludak popularitasnya.

Dari karya seni visual sampai santapan serta tweet yang tidak universal, objek satu ini digadang- gadang lagi menimbulkan dampak fenomena tulip mania di golongan para investor muda.

Apalagi, bagi halaman Coindesk, hasil pemasukan yang diraih buat NFT sendiri semenjak bulan November 2017 telah menggapai angka 174 juta dolar AS. Lumayan luar biasa, bukan?

Nah, memangnya, apa yang diartikan dengan NFT? Apakah nilainya proporsional dengan popularitasnya? Berikut penjelasannya yang telah dirangkum untuk rekan sekalian.

Daftar Isi

Apa sebenarnay NFT itu?

apa itu nft?
photo: freepik.com

Alangkah baiknya sebelum mangulas dan mengulik bagaimana cara kerja serta langkah- langkah membeli NFT, kita butuh membahas apa itu NFT terlebih dulu.

Jadi, NFT merupakan suatu peninggalan digital yang mewakili objek dunia nyata semacam lukisan, seni musik, item dalam permainan, sampai video pendek.

Mereka dibeli serta dijual secara online, kerap kali dibayar dengan cryptocurrency, serta biasanya dikodekan memakai aplikasi bawah yang seragam dengan peninggalan crypto yang lain.

Walaupun  NFT sudah ada semenjak tahun 2014 yang lalu, NFT saat ini terus menjadi populer sebab mereka dikira selaku tata cara yang instan buat membeli serta menjual karya seni digital.

NFT pula biasanya dinilai selaku salah satu dari proses transaksi yang sangat terbatas serta mempunyai kode pengenal yang unik.

Kenyataan tersebut sangat bertolak balik dengan mayoritas kreasi digital, yang pasokannya nyaris senantiasa tidak terbatas.

Nah, walaupun demikian, siapa juga dapat memandang secara totalitas karya digital yang lagi dijual.

Kemudian, kenapa orang- orang sangat menginginkan non fungible token? Ini terjalin sebab NFT membolehkan pembeli buat mempunyai item aslinya.

Tidak cuma itu, NFT pula berisi otentikasi bawaan, yang berperan selaku fakta kepemilikan.

Pola Kerja NFT

apa itu nft?
photo: feepik.com

Sejatinya, NFT merupakan bagian dari blockchain. Seorang pembeli NFT nantinya dapat memverifikasi kalau dia ialah owner tunggal dari peninggalan yang dia beli.

Sehabis dibayarkan, tidak terdapat yang bisa membatalkan hak kepemilikan atas NFT yang dipegang oleh pembeli.

NFT pula ialah peninggalan digital yang tidak bisa direproduksi secara kesekian. NFT yang dipunyai pembeli sifatnya unik serta dapat dibuktikan lewat fakta pembelian dalam blockchain dengan mata uang crypto lebih sepesifiknya Ethereum.

Contohnya, suatu tweet dari CEO Twitter, Jack Dorsey, dilelang selaku NFT serta laku dengan harga sebesar 2, 9 juta dolar AS.

Nah, siapa juga memanglah dapat screen shot serta mempunyai cuitan tersebut. Tetapi, cuma Jack Dorsey serta pembeli NFT lah yang bisa menjualnya.

Kemudian, supaya dapat diperjualbelikan, NFT wajib melalui tahapan-tahapan dan proses minting NFT.

Apa itu sejatinya proses minting NFT? merupakan proses pengubahan file digital jadi koleksi kripto ataupun peninggalan dalam blockchain, semacam diungkapkan oleh Ethereum.

Proses tersebut membutuhkan marketplace selaku pihak ketiga ataupun agen minting, semacam OpenSea, MakersPlace, Mintable, ataupun Theta Drop.

Perbandingan NFT dengan Cryptocurrency

nft adalah
photo: freepik.com

Sehabis membaca definisi apa itu NFT, bisa jadi kalian berpikir kalau dia merupakan sesuatu peninggalan yang seragam dengan cryptocurrency.

Tampaknya tidak demikian. Kedua peninggalan tersebut tidak dapat sekedar dikira selaku sesuatu perihal yang sama.

Kenapa demikian? Karena, bagi halaman Asia One, perbandingan utama antara NFT serta cryptocurrency terletak di kata“ fungible”.

Objek“ fungible” mengisyaratkan kalau dia bisa diganti dengan objek yang mempunyai nilai seragam.

Selaku contoh, peninggalan dengan harga 10 dolar AS bisa dibayar dengan 2 peninggalan dengan harga 5 dolar AS. Tidak hanya itu, dapat pula 1 Bitcoin bisa diganti dengan objek dengan harga 1 Bitcoin.

Tidak cuma itu, terdapat perbandingan dalam tujuannya pula. Bila membeli cryptocurrency, pada dasarnya kalian hendak mengubah mata duit semacam di money changer. Selaku contoh membeli 1 Ethereum dengan harga 2. 840 dolar AS.

Kemudian, kalian hendak menyimpannya hingga sesuatu dikala harga Ethereum naik serta kalian hendak menjualnya.

Sedangkan itu, seperti suatu smartphone, masing- masing non fungible token mempunyai semacam IMEI, spesifikasi, serta fitur yang buatnya unik.

Aspek- aspek tersebutlah yang menimbulkan NFT diucap selaku peninggalan serta bukan cryptocurrency

Contoh Pelaksanaan NFT

apa itu nft?
photo: freepik.com

Sebagaimana yang telah dipaparkan, NFT merupakan peninggalan digital berbasis blockchain yang bisa mewakili objek tertentu, semacam lukisan serta properti yang lain.

Mereka dikira selaku salah satu tata cara terbaik buat membeli serta menjual peninggalan digital. Karena, NFT sediakan sertifikasi kepemilikan yang cuma dapat diakses pembeli serta penjual.

Nah, bersumber pada perihal tersebut, NFT telah diterapkan dalam banyak industri, mulai dari zona bisnis sampai kesenian.

Berikut kita coba beri gambaran sebagian contoh pelaksanaannya untukmu.

1. NFT dalam zona kesenian

Seperti yang sudah banyak diketahui, NFT adalah salah satu teknologi mutakhir yang kini sedang booming di dunia kesenian.

Hal ini berlaku karena arakteristik dan keunikannya telah mengevaluasi kembali sektor seni digital.

NFT sendiri menawarkan keamanan untuk karya yang akan dipublikasikan secara online.

Bagi kamu yang belum tahu, konten yang disebar luaskan secara online biasanya dapat diklaim dengan mudah dan bisa menimbulkan kerugian bagi pembuatnya.

Teknologi blockchain dalam NFT memberikan jaminan bagi seniman atas kepemilikan karyanya. Ia menjadi cara bagi seniman digital yang selama ini berkutat dengan bahaya plagiarisme dan pencurian kreatif.

Sistem smart contract yang ada dalam teknologi NFT juga memungkinkan seniman untuk melihat dan mencatat persentase royalti setiap kali karyanya berpindah tangan.

Semacam yang telah banyak dikenal, NFT merupakan salah satu teknologi canggih yang saat ini lagi booming di dunia kesenian.

Perihal ini berlaku sebab arakteristik serta keunikannya sudah mengevaluasi kembali zona seni digital.

NFT sendiri menawarkan keamanan buat karya yang hendak diterbitkan secara online.

Untuk kalian yang belum ketahui, konten yang disebar luaskan secara online umumnya bisa diklaim dengan gampang serta dapat memunculkan kerugian untuk pembuatnya.

Teknologi blockchain dalam NFT membagikan jaminan untuk seniman atas kepemilikan karyanya. Dia jadi metode untuk seniman digital yang sepanjang ini berkutat dengan bahaya plagiarisme serta pencurian kreatif.

Sistem smart contract yang terdapat dalam teknologi NFT pula membolehkan seniman buat memandang serta mencatat persentase royalti tiap kali karyanya berpindah tangan.

2. NFT dalam zona bisnis

Zona selanjutnya yang lagi mempraktikkan NFT secara saksama merupakan industri bisnis.

Di dalamnya, NFT kerap digunakan selaku penghubung antara peninggalan raga, semacam fakta kepemilikan tanah ataupun properti yang lain.

Akta kepemilikan raga yang bisa ditaruh dikira lebih nyaman dalam blockchain dengan proses verifikasi yang pendek.

Pembeli pula tidak butuh takut hendak bahaya sertifikat berharga lenyap ataupun dicuri orang lain. Alasannya, informasi kepemilikan mereka telah tercatat di dalam blockchain.

3. NFT dalam zona hiburan

Contoh pelaksanaan terakhir dari NFT merupakan dalam zona hiburan, semacam gim, berolahraga, serta beberapa barang koleksi.

NFT saat ini membuka pasar buat beberapa barang koleksi yang dinilai mempunyai kemampuan besar.

Sebagian benda koleksi yang sangat terkenal merupakan cuplikan- cuplikan pertandingan dari NBA Top Shot, kucing virtual dari CryptoKitties, serta avatar- avatar unik dari CryptoPunks.

Ketiga collectible items tersebut memiliki nilai yang diprediksi dapat menggapai angka jutaan dolar.

Pasar gaming yang berbasis NFT serta blockchain pula jadi salah satu zona sangat menjanjikan dalam dunia kripto.

Gim NFT yang sangat populer merupakan CryptoKitties serta Axie Infinity.

Cryptokitties mewajibkan kalian buat mengumpulkan, memelihara, serta membiakkan kucing digital yang unik.

Di sisi lain, dalam Axie Infinity, pemain wajib mengumpulkan hewan peliharaan digital berbasis NFT yang diucap Axies dengan tujuan melawan pemain lain.

Mayoritas gim NFT memakai skema pay- to- earn, di mana pemain dapat memperoleh token dengan memainkan gim tersebut secara aktif.

Kiat Membeli NFT sejak saat ini

non fungible token
photo: freepik.com

Semacam yang telah Glints paparkan, berusia ini, NFT merupakan tipe peninggalan digital yang sangat terkenal di pasar.

Walaupun demikian, mengutip halaman Forbes, disebabkan pasarnya masih baru, investasi serta jual beli NFT masih terbilang lumayan berisiko.

Apalagi, sebagian besar dari pasar NFT masih spekulatif serta bisa jadi hendak terjalin pergantian harga besar- besaran semacam yang dirasakan peninggalan digital yang lain sepanjang sebagian tahun terakhir.

Hendak namun, bukan berarti NFT tidak dapat kalian beli, lho. Berikut ini merupakan sebagian alibi kenapa kalian dapat membeli NFT di tahun 2021.

1. Unik serta tidak mempunyai nilai tukar

Salah satu perihal yang membuat investasi NFT menarik ialah sifatnya yang tidak mempunyai nilai ubah.

Nilai peninggalan NFT yang dibeli dengan harga Rp1 Miliyar tidak dapat diganti dengan duit senilai 69. 400 dolar AS ataupun koin sebanyak 36, 38 Ethereum.

Dengan kata lain, NFT merupakan peninggalan digital yang dapat dipunyai secara eksklusif oleh pembelinya dengan nilai yang bermacam- macam. Mengutip Kompas.com

2. Lagi naik daun

Menjual peninggalan NFT lewat pelelangan merupakan strategi yang ampuh buat cuan di masa modern ini.

Kenapa demikian? Karena, kembali lagi ke uraian Glints tadinya, peninggalan digital satu ini lagi naik daun di pasar.

Selaku contoh, seniman yang diketahui dengan nama“ Beeple” sukses menjual kolase karyanya di pelelangan dengan harga Rp82, 9 miliyar.

Metode dan Langkah Menjual serta Membeli NFT

photo: freepik.com

Apabila tertarik buat membeli ataupun menjual NFT, terdapat sebagian perihal yang tadinya wajib kalian tahu.

Pertama- tama, kalian dapat membeli serta menjual NFT pada sebagian marketplace spesial yang ada.

Apa itu marketplace NFT? Dia bisa dikira selaku pasar digital yangmenawarkan bermacam wujud NFT, mulai dari seni lukis sampai gim- gim spesial.

Peninggalan kripto yang nantinya digunakan buat membeli NFT umumnya tergantung kepada platform yang kalian seleksi.

Selaku contoh, CryptoPunks, OpenSea serta Rarible cuma menerima pembayaran memakai Dolar serta ETH.

Kebalikannya, web semacam NBA Top Shot membagikan kebebasan untuk pembeli buat membayar memakai sebagian tipe peninggalan kripto.

Nah, buat memakai peninggalan kripto serta bertransaksi di web jual beli NFT, kalian wajib memindahkannya ke dalam dompet digital semacam Metamask.

Supaya lebih jelas, berikut Glints jelaskan metode menjual serta membeli NFT di web OpenSea serta MakersPlace. Jangan kurang ingat dicatat, ya.

1. Metode Menjual NFT di OpenSea

a. Buka profil serta atur akun

Pertama- tama, kalian wajib mendatangi halaman OpenSea serta membuka profil akun dengan mengklik simbol di dasar ini.

apa itu nft
photo: glints.com

Nantinya, kalian butuh menghubungkan akun crypto wallet terlebih dulu saat sebelum dapat mengendalikan profil. Berikut ini ialah merupakan halaman profil serta setup crypto wallet OpenSea.

apa itu nft
photo: glints.com

Kala timbul kata“ Connecting”, proses menghubungkan crypto wallet- mu hendak lekas rampung.

Sehabis itu, kalian dapat langsung mengendalikan akun serta meningkatkan link media sosial, edit username, bio, alamat email, avatar, serta banner profil.

b. Seleksi NFT art yang mau dijual

Buat menjual NFT, perihal selanjutnya yang kalian butuh jalani merupakan karya yang hendak dijual.

Buat melaksanakannya, kalian wajib klik simbol profil serta seleksi opsi“ My Collections”.

photo: glints.com

Sehabis menciptakan NFT yang hendak dijual, kalian butuh memencet opsi“ Sell” yang ada di sudut kanan atas taman buat diantar ke listing page.

Memangnya, apa itu yang diartikan dengan listing page? Dia ialah halaman di mana catatan NFT yang dijual ada.

c. Tentukan metode menjual NFT

Sehabis datang di listing page, kalian hendak dimohon memilah harga, tipe lelang, durasi penjualan, serta sasaran pembeli NFT yang di idamkan.

Sejatinya, terdapat 2 tipe lelang yang ada dalam halaman OpenSea, ialah“ Fixed Prize” serta“ Timed Auction”

Lelang“ Fixed Prize” merupakan proses penjualan di mana harga NFT yang dipertunjukkan tidak hendak berganti.

Sedangkan itu, pada skema“ Timed Auction” kalian hendak mempunyai 2 opsi, ialah buat terus tingkatkan ataupun merendahkan harga sampai terdapat yang membeli.

Di mari kalian pula butuh memilah berapa lama NFT hendak ditampilkan pada halaman penjualan.

Opsi default- nya merupakan sepanjang 1 hari, 3 hari, ataupun 1 pekan. Hendak namun, kalian dapat memastikan durasi yang di idamkan secara mandiri.

2. Metode dan Langkah menjual NFT di MakersPlace

a. Buat akun serta upload karya

Bila mau menjual NFT di web ini, perihal awal yang butuh kalian jalani merupakan buat mempunyai akun Makersplace terlebih dulu.

Triknya sign up- nya lumayan sederhana. Kalian tinggal kunjungi halaman Makersplace serta langsung daftarkan akun di situ. Petunjuknya gampang buat diiringi,, kok.

Selanjutnya, kalian dapat langsung meng- upload karya seni yang telah di- mint pada akun MakersPlace.

MakersPlace sendiri hendak merekomendasikan pengguna buat meng- upload tipe terbaik serta mutu paling tinggi dari kreasi mereka.

Selaku dorongan bonus, MakersPlace hendak sediakan fitur penjaga keaslian serta kepemilikan atas kreasimu, sehabis dia diunggah ke blockchain. Menarik bukan?

b. Sertakan latar balik NFT art

Sehabis upload karya, kalian butuh menggambarkan latar balik karya tersebut buat membangun ikatan emosional dengan calon pembeli.

Buat tiap karya yang hendak dijual di MakersPlace, menyertakan latar balik serta cerita di balik karya ialah sesuatu perihal yang lumayan berarti.

Kenapa demikian? Karena, dia umumnya jadi pertimbangan terbanyak pelanggan dikala melaksanakan pembelian, di luar mutu serta harga karya.

c. Tentukan harga yang relevan

Selanjutnya, metode menjual NFT di MakersPlace merupakan dengan memastikan harga karya secara relevan.

Bagi halaman formal MakersPlace, pengguna bisa memikirkan bayaran serta waktu yang sudah mereka keluarkan buat keperluan penciptaan karya.

Tidak hanya itu, mereka pula bisa menyertakan harga yang murah buat mendesak popularitas. Sehabis produk jadi terkenal, penjual dapat langsung tingkatkan harga.

d. Senantiasa tidak berubah- ubah serta share di media sosial

Terakhir, biar NFT yang kalian jual dapat laku, jangan kurang ingat buat senantiasa menyebarkan karya secara tidak berubah- ubah.

Tidak berubah- ubah di mari bukan cuma mengacu pada luncurkan karya yang terjadwal, namun, pula tema karya NFT yang seragam serta eksklusif.

Jangan hingga karya ciptaanmu menjajaki tema penjual yang lain. Perihal ini cuma hendak membuat NFT yang kalian jual nampak membosankan serta tidak otentik.

Tidak hanya itu, bagikan link penjualan NFT- mu pada akun media sosial. Strategi ini dipastikan bisa tingkatkan angka penjualanmu dengan kilat.

3. Metode membeli NFT di OpenSea

a. Klik opsi“ Explore”

Buat membeli NFT di OpenSea, perihal awal yang butuh kalian jalani merupakan dengan mencari terlebih dulu karya yang dibeli.

Kalian dapat melaksanakannya dengan memencet opsi“ Explore” yang ada di bagian atas layar halaman OpenSea semacam di dasar ini.

photo: glints.com

Nanti, kalian hendak menciptakan banyak opsi, mulai dari art sampai collectibles. Yakinkan kalian memilah opsi yang betul- betul mau kalian beli.

b. Klik“ Buy Now”

Nah, sehabis menciptakan NFT yang mau dibeli, perihal yang dapat kalian jalani merupakan buat mengawali proses pembelian.

Semacam yang telah Glints jelaskan, NFT di OpenSea dijual dengan 2 tata cara lelang, ialah“ Fixed Prize” serta“ Timed Auction”.

Dalam lelang“ Fixed Price”, kalian dapat langsung memencet opsi“ Buy Now” yang terletak pada deskripsi produk yang di idamkan.

photo: inmag.com

Kalian bisa jadi hendak dimohon oleh OpenSea buat meninjau sebagian perinci tentang pembelian saat sebelum finalisasi.

Perihal ini mereka jalani guna membenarkan kalau kalian ketahui persis apa yang telah dibeli serta buat membantu

menjauhi scammers yang membuat NFT palsu dengan tampilan seragam.

Bila seluruhnya nampak nyaman, kalian dapat langsung melanjutkan ke pop- up checkout di mana ada perinci bisa bayaran akhir pembelianmu.

Nanti, kalian hendak dimohon buat menyetujui persyaratan layanan OpenSea, serta klik tombol“ Checkout” buat menuntaskan pembelian.

c. Klik“ Place Bid”

Nah, beda halnya dalam“ Timed Auction”. Di mari, buat membeli NFT, perihal yang wajib kalian jalani merupakan buat menawarkan harga pembelian.

Tawaran yang mau kalian bagikan paling tidak wajib 5 persen lebih besar dari tawaran tadinya.

Buat membuat penawaran, kalian dapat langsung klik tombol“ Place Bid” di taman deskripsi NFT semacam di dasar ini.

photo: inmag.com

Sekali lagi, kalian bisa jadi hendak dimohon buat meninjau sebagian perinci tentang NFT buat membenarkan keasliannya.

Sehabis itu, memilih mata duit yang hendak kalian pakai buat melaksanakan penawaran. Umumnya hendak terdapat biaya

bonus bila kalian menawarkan mata duit yang belum sempat kalian pakai.

Masukkan jumlah penawaranmu serta bertepatan pada kedaluwarsanya. Bertepatan pada kedaluwarsa hendak berikan penjual jangka waktu buat membuat keputusan terpaut penawaranmu.

Kalian bisa memandang seluruh penawaran yang sudah diperpanjang dengan kembali ke profil serta menciptakan tab“ Bids”.

4. Metode Membeli NFT di MakersPlace

a. Kunjungi“ Marketplace” serta seleksi NFT

Buat mengawali pembelian NFT di MakersPlace, perihal yang wajib kalian jalani merupakan dengan mendatangi halaman“ Marketplace” yang mempunyai tampilan semacam di dasar ini.

photo: glints.com

Semacam halnya di OpenSea, kalian hendak menciptakan banyak opsi, mulai dari yang terkenal sampai penawaran karya terkini.

Saat sebelum mulai membeli, yakinkan dahulu kalian memilah NFT yang pas serta cocok dengan kemauan.

b. Buat penawaran serta klik“ Make an Offer”

Sehabis memilah NFT yang mau dibeli, kalian mempunyai opsi buat mengajukan penawaran dengan kartu kredit.

Hendak namun, kalian pula dapat menghubungkan crypto wallet, semacam MetaMask, apabila memilah pembayaran dengan Ethereum.

Sehabis memasukkan rincian pembayaran, silakan serta buat penawaran buat suatu karya seni dengan klik“ Make an Offer”.

photo: glints.com

MakersPlace nantinya hendak menginformasikan menimpa jumlah penawaran minimummu saat sebelum melanjutkan.

Terakhir, pindahkan NFT dari platform serta masuk ke dompet pilihanmu. Yakinkan kalian telah memasukkan alamat yang benar.

Konfirmasikan transaksimu lewat dompet bila penawaran diterima oleh pembeli.

Khasiat serta Keunggulan NFT

photo: freepik.com

Sehabis membaca definisi serta metode kerjanya, jelas kalau NFT merupakan salah satu wujud peninggalan digital baru yang sangat menarik.

Dalam waktu yang lumayan pendek, dia sudah menarik atensi banyak investor serta jadi salah satu tren besar dalam dunia bisnis dan investasi dunia.

Tetapi, apa itu yang membuat NFT unggul di mata para investor? Apa saja khasiat yang dia tawarkan serta tidak dapat kalian miliki dari peninggalan yang lain?

Berikut merupakan uraian singkatnya, cocok ujaran 101 Blockchains.

• Langka serta tidak dapat dipalsukan.

• Nilainya yang besar buatnya gampang buat dijual kembali.

• Kekal serta tidak dapat dibatalkan hak kepemilikannya.

• Hak cipta yang cuma dapat dipegang serta dikelola oleh pembeli.

• Keamanan terhadap peninggalan yang besar.

Seperti itu uraian pendek Glints menimpa apa itu NFT ataupun non fungible token dan kelebihannya untuk investor.

Walaupun baru timbul di permukaan, NFT merupakan tipe peninggalan digital yang telah lama diperjualbelikan oleh warga.

Di tahun 2021 ini, NFT apalagi makin terkenal serta lagi jadi fenomena besar di golongan investor.

Bila kalian mempunyai duit lebih serta gemar investasi cryptocurrency, NFT ialah peninggalan digital yang pas untukmu.

sekian semoga bermanfa’at.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.